Jumat, 02 Januari 2015

Pengambilan keputusan dalam kondisi konflik


Pengambilan keputusan dalam kondisi konflik suatu pengambilan keputusan yang terjadi apabila alternatif keputusan yang harus dipilih/diambil berasal dari pertentangan atau persaingan dari dua atau lebih pengambil keputusan

Teori permainan
TeorI permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan pertentangan (konflik) antara berbagai kepentingan
Teori ini digunakan daam bidang ekonomi/bisnis untuk menganalisis proses pengambilan keputusan dalam kondisi konflik yang melibatkan dua atau lebih kepentingan, teroi ini diaplikasikan juga dibidang militer, kontrak serta tawar menawar dan penetapan harga.

Unsur-unsur dari teori permainan antara lain :
1)      Pemain (players), merupakan pelaku-pelaku dari permainan yang masing-masing merupakan pengambil keputusan dan setiap pemain berkeinginan untuk menang.
2)      Aturan-aturan, merupaka kerangka dimana para pemain memilih strategi mereka artinya pemain berhak memilih atau berkuasa untuk menentukan strateginya.
3)      Hasil keluar ( outcome), hasil-hasil dari permainan biasanya disajikan dalam bentuk matriks pay off yang berbentuk angka-angka.
4)      Varibel-variabel, merupakan faktor-faktor (termasuk sumber daya) yang mempengaruhi jalannya permainan, dalam hal ini mempengaruhi keputusan pilihan dan hasil-hasil keluar.
5)      Kondisi informasi, informasi akan mempengaruhi atau menentukan gerakan-gerakan pemain masing-masing, kekurangan informasi dapat membuat pemain salah pilih atau tidak menarik keuntungan.
6)      Pemberian nilai (valuasi), pemberian nilai ditujukan kepada hasil keluar.

Sifat-sifat yang harus dimilki agar permainan dapat berjalan dengan baik dan lancar antara lain :
1)      Jumlah pemain (players) terbatas
2)      Untuk setiap pemain terdapat sejumlah kemungkinan yang terbatas
3)      Terdapat pertentangan kepentingan antara pemain
4)      Aturan permainan untuk mengatur didalam memiih tindakan diketahui oleh setiap pemain
5)      Hasil seluruh kombinasi tindakan yang mungkin dilakukan berupa bilangan positif, negatif atau nol

Istilah-istilah dalam Teori Permainan
a.       Permainan dua-pemain jumlah-nol, pada permainan ini dimainka oleh 2 (dua) orang/kelompok/organisasi yang secara langsung mempunyai kepentingan yang berhadapan, disebut permanan jumlah nol karena jumlah kerugian/keuntungan setiap pemain adalah sama sehingga jumlah keuntungan/kerugian adalah nol
b.      Permainan strategi murni, pada permainan ini setiap pemain mempergunakan satu strategi (strategi tunggal) dan hasil optimal yang dicapai  mempunyai titk keseimbangan , dalam permainan ini digunakan kriteria maksimal( nilai minimal dari nilai maksimal)
c.       Permianan strategi campuran, pada permainan ini kedua pemain menggunakan campuran strategi yang berbeda-beda dan tidk terjadi titik keseimbangan (pelana) pada hasil permainannya (output)
d.      Titik pelana (saddle point), hasil optimal yang dicapai mempunyai titik keseimbangan
e.       Baris dominated, terjadi jika semua elemen dalam suatu baris sama atau lebih kecil dari elemen dalam posisi yang sama dari baris lain

f.        Kolom dominated, terjadi jika semua elemen dalam suatu kolom sama atau lebih besar dari elemen dalam posisi yang sama dari kolom lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar