Pengambilan keputusan dalam kondisi konflik suatu pengambilan keputusan
yang terjadi apabila alternatif keputusan yang harus dipilih/diambil berasal
dari pertentangan atau persaingan dari dua atau lebih pengambil keputusan
Teori permainan
TeorI permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi
persaingan dan pertentangan (konflik) antara berbagai kepentingan
Teori ini digunakan daam bidang ekonomi/bisnis untuk menganalisis proses pengambilan
keputusan dalam kondisi konflik yang melibatkan dua atau lebih kepentingan,
teroi ini diaplikasikan juga dibidang militer, kontrak serta tawar menawar dan
penetapan harga.
Unsur-unsur dari teori permainan antara lain
:
1)
Pemain (players), merupakan pelaku-pelaku dari permainan yang masing-masing
merupakan pengambil keputusan dan setiap pemain berkeinginan untuk menang.
2)
Aturan-aturan, merupaka kerangka dimana para pemain memilih strategi mereka
artinya pemain berhak memilih atau berkuasa untuk menentukan strateginya.
3)
Hasil keluar ( outcome), hasil-hasil dari permainan biasanya disajikan
dalam bentuk matriks pay off yang berbentuk angka-angka.
4)
Varibel-variabel, merupakan faktor-faktor (termasuk sumber daya) yang
mempengaruhi jalannya permainan, dalam hal ini mempengaruhi keputusan pilihan
dan hasil-hasil keluar.
5)
Kondisi informasi, informasi akan mempengaruhi atau menentukan
gerakan-gerakan pemain masing-masing, kekurangan informasi dapat membuat pemain
salah pilih atau tidak menarik keuntungan.
6)
Pemberian nilai (valuasi), pemberian nilai ditujukan kepada hasil keluar.
Sifat-sifat yang harus dimilki agar permainan
dapat berjalan dengan baik dan lancar antara lain :
1)
Jumlah pemain (players) terbatas
2)
Untuk setiap pemain terdapat sejumlah kemungkinan yang terbatas
3)
Terdapat pertentangan kepentingan antara pemain
4)
Aturan permainan untuk mengatur didalam memiih tindakan diketahui oleh
setiap pemain
5)
Hasil seluruh kombinasi tindakan yang mungkin dilakukan berupa bilangan
positif, negatif atau nol
Istilah-istilah dalam Teori Permainan
a.
Permainan dua-pemain jumlah-nol, pada permainan ini dimainka oleh 2 (dua)
orang/kelompok/organisasi yang secara langsung mempunyai kepentingan yang
berhadapan, disebut permanan jumlah nol karena jumlah kerugian/keuntungan
setiap pemain adalah sama sehingga jumlah keuntungan/kerugian adalah nol
b.
Permainan strategi murni, pada permainan ini setiap pemain mempergunakan
satu strategi (strategi tunggal) dan hasil optimal yang dicapai mempunyai titk keseimbangan , dalam permainan
ini digunakan kriteria maksimal( nilai minimal dari nilai maksimal)
c.
Permianan strategi campuran, pada permainan ini kedua pemain menggunakan
campuran strategi yang berbeda-beda dan tidk terjadi titik keseimbangan
(pelana) pada hasil permainannya (output)
d.
Titik pelana (saddle point), hasil optimal yang dicapai mempunyai titik
keseimbangan
e.
Baris dominated, terjadi jika semua elemen dalam suatu baris sama atau
lebih kecil dari elemen dalam posisi yang sama dari baris lain
f.
Kolom dominated, terjadi jika semua elemen dalam suatu kolom sama atau
lebih besar dari elemen dalam posisi yang sama dari kolom lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar