Departemen Housekeeping memiliki beberapa bagian yang berada dalam lingkup tanggung jawabnya, yaitu :
1. Room Division manager
Room Division Manager bertugas menangani segala sesustu yang berhubungan dengan kamar-kamar hotel.
2. Executive housekeeper
Executive Housekeeper bertugas merencanakan program kerja, mengkoordinir pelaksanaan tugas pekerjaan di housekeeping, memimpin para supervisor maupun bawahan housekeeping, mengontrol kerja bawahan, bertanggung jawab atas standar kebersihan, membuat evaluasi kerja bawahan setiap tahun, menangani keluhan tamu, membuat laporan pada room division manager dan general manager.
3. Asstant Excecutive Housekeeper
Assistant Executive Housekeeper bertugas membantu executive housekeeper, mengkoordinir para supervisor dan bawahan, melaksanakan program kerja, memimpin dan membuat daftar kerja bawahan, mewakili excecutive housekeeper saat berhalangan, mengajukan pembelian alat-alat, chemical, perlengkapan tamu, mengontrol pemakaian alat-alat, chemical, dll.
4. Order taker
Order Taker bertugas menerima informasi baik dari luar hotel maupun dari dalam hotel dan menyampaikannya kepada orang yang berkepentingan tersebut.
5. Floor atau Geust Rooms
Bagian ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa hotel, pengaturan tanggung jawab Floor ini termasuk kepada area koridor setiap lantai.
Petugas-petugas yang ada dalam bagian ini adalah :
a. Floor Housekeeper atau Floor Section Manager
b. Floor Supervisor
c. Room Attendant
6. Public Area
Bagian ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area dan fasilitas umum yang ada di hotel. Dalam beberapa hotel memiliki kebijakan dengan memberikan area koridor lantai dalam tanggung jawab public area. Fasilitas tersebut bervariasi tergantung dari kriteria hotel tersebut.
Fasilitas itu antara lain :
a. Lobby area (area Lobby)
b. Public toilet (toilet umum)
c. Restaurant (restoran)
d. Bar
e. F&B Outlets (outlet food & beverage lainnya)
f. Meeting/conference Room ( Ruang rapat/konferensi)
g. Ballroom
h. Bussiness center (Pusat pelayanan bisnis)
i. Fitness & Health center (Pusat kebugaran)
j. Swimming pool (kolam renang)
k. Parking Area (Area Parkir0
l. Geust lift
m. Serevice lift
n. Back office, executive office atau management office
o. Employee locker room
p. Employee corridor
q. Employee dinning room (koridor kantin)
r. Dan sebagainya
Petugas-petugas yang berada dalam bagian ini antara lain :
1) Public Area Supervisor atau houseman supervisor
2) Public Area Attendant
3) Toilet Attendant
4) Night Cleaner
5) Gardener Floris
7. Linen/Uniform
Bagian ini bertanggung jawab terhadap penyediaan, penanganan, penyimpanan dan pemeliharaan linen atau lena yang yang digunakan oleh departemen-deprtemen terkait, seperti Floor section, Banquet dan Food & beverage service dan uniform untuk pakaian seragam karyawan hotel.
Petugas-petugas yang berada dalam bagian ini antara lain :
a. Linen Supervisor
b. Uniform Supervisor
c. Linen Attendant
d. Uniform Attendant
e. Tailor/Seamstress
8. Laundry
Bagian ini bertanggung jawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk Geust Laundry maupun House Laundry adalah linen (lena) yang digunakan oleh housekeeping maupun departemen lain, seperti banquet sevice dan F&B service, serta penanganan uniform atau pakaian seragam kerja unytuk seluruh karyawan hotel.
Petugas-petugas yang berada didalam bagian ini antara lain :
a. Laundry Manager
b. Assistant Laundry manager
c. Laundry Supervisor
d. Geust laundry supervisor
e. House laundry supervisor
f. Valet
g. Washer
h. Presser
i. Ironer
j. Marker
k. Checker
thanks yah .. blognya berguna sekali ! salam kenal follow twitter : @widiatmokology , i'll follow you back
BalasHapushttp://info-ocet.blogspot.com
BalasHapussangat membantu👍👍👍
BalasHapus