Selasa, 10 Januari 2012

Hubungan kerja Sama Departemen Housekeeping dengan Departemen lainnya di Hotel

1.  Hubungan Housekeeping dengan Front Office Department Front office bertugas menyediakan data kamar-kamar yang akan digunakan atau diisi oleh tamu, sedangkan Housekeeping meyediakan laporan status dan kondisi kamar yang dapat digunakan oleh Front Office untuk melakukan blocking pemesanan kamar
2.    Hubungan Housekeeping dengan Engineering Department Engineering bertanggung jawab terhadap perawatan atau perbaikan atas kerusakan atau permasalahan interior dan eksterior serta peralatan dan property yang terjadi baik dikamr-kamar tamu maupun public area agar kerusakan dapat segera ditangani dengan baik dan cepat. Housekeeping membantu melaporkan kepada engineering dengan maintenance request-nya atas segala peralatan/perlengkapan yang perlu diperbaiki.
3.    Hubungan Housekeeping dengan Security Department
  Berkordinasi apabila terjadi hal-hal yang perlu melakukan pemeriksaan, seperti keamanan seluruh area dan keselamatan tamu di kamar. Dalam kasus kehilangan barang di kamar, maka housekeeping akan meminta bantuan security untuk melakukan investigasi dan introgasi untuk mencari solusi, juga apabila perlu melakukan pemeriksaan kamar-kamar yang dicurigai atau memeriksa kondisi tamu kamar yang terkunci atau berstatus do not disturb
4.    Hubungan Housekeeping dengan Food and Beverage Department
    Housekeeping melakukan pemeliharaan dan pembersihan area-area Food and Beverage outlet, seperti restaurant, bar, ruang rapat dan sebagainya, termasuk menyediakan linen bersih yang diperlukan.
5.    Hubungan Housekeeping dengan Human Resources Development
    Pihak personalia membantu penyediaan proses rekrutmen karyawan baru dan pendataan karyawan dan program orientasi dan pelatihan, konseling karyawan serta menangani gaji karyawan.
6.    Hubungan Housekeeping dengan Accounting Department
  Accounting department mencatat jumlah pengeluaran bagi keperluan housekeeping department dan juga penggunaan barang-barang bagi keperluan pada housekeeping department.
7.    Hubungan Housekeeping dengan Marketing Department
   Pihak marketing banyak melakukan promosi kepada biro perjalanan dalam usahanya untuk meningkatkan penjualan kamar-kamar.
        

2 komentar: