Kamis, 13 Oktober 2011

Naskah Drama Si Pitung Jagoan Batavia

Si Pitung jagoan betawi

Di Batavia terjadi bentrok antara Batavia dan Belanda, ada seorang pemuda (saat itu) yang dijuluki si Pitung. Ia adalah seorang yang berasal dari Betawi ia ingin membelaa Batavia dari serangan Belanda.

Dan pada saat itu pula Menir Belanda dengan 3 putrinya dan dua anak buahnya. Pergi untuk mencari makan di daerah Batavia

Menir : “Ayo kita mengisi perut di kedai itu !”
Maria : ”Yuk pih”
lala &lulu : :”asik yuk pih cepaaat.”
Mamat&hamit : “Siap tuan”


(Di kedai makan mak pitung)

Menir : ”Disini orang padda makan apa ?”
Emak : ”Disini Cuma adda makanan biasa tuan (Sambhil menunjukkan makanan), ike ambilkan makanan untuk tuan-tuan ini !”
Ike : ”Iya mak, silahkan tuan” (Menawarkan makanan)

Setelah selesai makan Menir menyuruh Maria,lala &lulu, untuk keluaar terlebih dahulu (Menyuruh Maria,lala dan lulu keluar), merekapun meninggalkan kedai makan itu dengan seenaknya, lalu Emak berkata.

Emak : ”Tuan, makanannya belum di bayar !”
Menir : ”You merintah saya ? Apa you orang tidak tau I ini siapa ?”
Emak : ”Maaf tuan, bukannya saya memerintah tuan tapi memang begitu peraturannya”
Menir : ”You tidak menghormati I !!!”(Dengan marahnya ia menggebrak meja kedai)
Ike : ”Maaf tuan, saya dan Emak salah.” (Dengan wajah yang ketakutan)

Tiba-tiba si Pitung datang dengan tatapn emosi yang tertuju kepada Menir. Tanpa basa-basi si Pitung langsung menghampiri kedai itu, dengan menggebrak meja di haddapan Menir Belanda, Menir pun merasa tidak di hargai, dan marah.

Menir : “Maksud you apa ? Kurang ajaar !”
Pitung : ”Emang lu siapa  beraninya ganggu emek gue ame penduduk sini?”
Menir : ”I yang berkuasa disini !!!”
Pitung : ”Lu yang berkuasa di daerah ini ?? Walaupun yang berkuasa, tapi ini tanah kelahiran gue.”
Menir : ”You orang terlalu banyak omong, centeng habisi dia !!!!”
Mamat &hamit : “Baik tuan”

Perkelahianpun dimulai

Dan akhirnya centeng dikalahkan si Pitung, dan Menirpun pulang bersama anak, dan centengnya..

Pitung : ”Rasain lo !!! LU gak tau siapa gua ? Jagoan betawi nih....”
Ike : ”Pitung makasih yee bang, udah nolongin aye sama emak.”
Emak : ”Iye tung makasih yee ?”
Pitung : ”Iye sama-sama.”

Setelah Pitung keluar-keluar dari kedai, Maria bersama lala & lulu adik kembarnya menghampiri ayah dan centeng-centengnya (Dengan raut wajah yang bertanya-tanya karena centeng ayahnya yang kesakitan babak belur)

Maria : ”Papih what happen ?”
mamat : “Non, kami di hajar sama orang betawi itu.”
Lala: ”Meamng siapa orang itu ?”
Hamit : ”Katanya sih namanyaa Pitung”
Maria : ”Siapa Pitung ?”
Lulu : “yeah who’s that ?”
Hamait : ”Banyak yang bilang dia jagoan Betawi”

Sesaat kemudian si Pitung keluar dari Kedai dan Bertemu dengan ke-2 orang temannya lalu berkata.

Dudung : ”Eh Pitung, lo liat gak orang-orang lagi pada ngumpul itu ?”
Pitung : ”Oh, itu yang taddi abis ngajak ribut sama gue.”

Pitung dan ke 2 temannya pun menghampiri Menir itu.

Pitung : ”Eh Menir !!! Ngapain lo masih disini !?”

Karena mendengar teriakan tersebut Maria melihat si Pitung, dan mereka dengan secara tidak sengaja bertatap mata satu sama lain, dan karena Menir melihat si Pitung melihat anaknya Menirpun menegur Pitung.

Menir : ”Hehe you oraang ngapain liat-liat anak I ???” (Dengan tangan yang hamper memukul Pitung dan Pitungpun menangkis dengan silatnya)
Pitung : “WETS… NGAPAIN LO ?!!”

Dengan secara langsung centeng dan teman Pitungpun menarik kedua orang itu yang ingin bertengkar.

Maman : “Udahlah tung, ga ada gunanyya lu berantem sama tuh orang !”

Lalu mereka berpisah dan kembali ke rumahnya masing-masing.

Keesokan harinya si Pitung dan Mariaa, lala &lulu sedang berjalan-jalan ddi taman dan tidak sengajaa mereka bertemu di bawah pohon yang rinddang, dengan menatap mata dan pada saat itu benih-benih cintapun tetanam di hati pitung&maria
Pitung : “Hey nona-nona, Ngapain disini ?”
Maria : ”Sedang jalan-jalan”
Lala&lulu : “Iya kita orang lagi cari udara segar
Lala & lulu : “Sister kami mau kesana dulu ya cari angin
Maria : “Iya jangan jauh-jauh”

Maria dan Pitung pun meneruskan obrolan mereka

Pitung : ”Kalau boleh tau, nama nona siapa ?” (Sambil menyoddorkan tangannya, dan sampai Pitung pun lupa kalau mereka bukan muhrimnya)
Pitung : ”Astagfirullah.... maaf”
Maria : ”Nama I Maria, and nama you siapa ?”
Pitung : “Nama aye Pitung”
Maria : “Pitung, apakah you ingin menemani I untuk berjalan-jalan keliling kampung ini ?”
Pitung : “Iya baiklah”

Merekapun berjalan-jalan dan memeprlihatkan sebuah kalung, di saat perjalanan salah satu anaak buah Menir melihat mereka berdua sedang berjalan-jalan di kampung.

Mamat : “Ternyata Nona Maria sedang berjaalan-jalan berdua.”

Lalu dia langsung melaporkan ke Menir, dan Menir langsung marah dan menyuruh centeng-centengnya untuk menyeret Maria pulang.

Mamat : “Menir Nona Maria seang berjalan-jalan di kampung bersama si Pitung.”
Menir : “WHAT OVER DONGKRAK ??? Suruh pulang itu anak kalau perlu seret saja dia.”
Mamat : “Baik tuan....”

Lalu ketika centeng-centeng bertemu denagn Maria

Hamit : “Nona Maria, Tuan Menir menyuruh kami untuk menyeret nona pulang !!”
Maria : “What ? I do not want to go home.”
Lala &lulu pun melihat kejadian itu dan menyuruh maria untuk pulang juga

Lalu para kedua centeng menarik pulang ddan Mariapun teriak

Maria : “PITUUUUUUUUUUUUUNG !!!!!”

Dan karena kalung yang dipeerlihatkan Maria terhadap Pitung secara tidak sengaja terpegangg oleh Pitung, dan Pitung berjanji.

Pitung : “Gue BERJANJI kalau gue akan kembalikan ni kalung.”

Sementara itu, Di rumah Menir

Maria : “Papih apa-apaan sih suruh centeng seret maar ??”
Menir : “Banyak omong you, go to room, NOW !!!”

Karena Maria di bentak dengan Papihnya Mariapun lari sambil menangis ke kamarnya.
Lala : “Papih jangan kejam sama sister kasihan dia, ya kaan lu “
Lulu : “ Betul, betul, betul “
Menir : “you berdua juga masuk kamar”

Keesokan harinya, Pitung datang ke rumah Menir denagn keadaan yang emosi bersama ke-2 temannya.

Pitung : ”Heh Menir, KELUAR LO !!!”

Karena Menir mendengar teriakaan tersebut ia menyuruh centeng-centengnya untuk melihat siapa yang berteriak.

Menir : ”Heh you para centeng, coba you liat siapa yang berteriak di depan rumah.”
Hamit : ”Siap tuan”

Lalu para centeng melihat orang-orang yang teriak-teriak.

Mamat: “Heh, ngapain lo teriak-teriak dirumah Menir gue ¿”
Pitung : “Panggil tuh BOS lu !!”

Lalu centeng memberi tahu kepadda Menir dan Menir segera keluar.

Menir : “Eh you ngapain you kesini ???”
Pitung : “Ngapain lu kemarin suruh anak buah lo seret Maria pulang ?? apa itu sikapa BAPAK yang BAIK !!?”
Menir : “ah….. you terlalu banyak omong, centeng, hajar dia !!”
Dudung : “Tunggu dulu tung, buat apa kalau kita adda disini, ya gak ?”
Maman : “Pastinya tung.”
Pitung : “Maksud Lo ?”
Maman : “Dah… biar kita yang lawan tuh anak buahnya.”
Pitung : ”Oke terserah lo pada.”

Lalu perkelahian pun terjaddi antara para centeng ddan teman si Pitung. Tetapi fakta berkata lain teman Pitung dapat di kalahkan oleh para centeng karena memakai senjata. Lalu Pitungpun tiddak terima temannya terlukai.

Pitung : ”Eh lo dah berani lukain teman gue lawan gue sini lo pada.”

Dan Pitung memenangi pertarungan itu. Dan ia bertanya terhaddap si Menir dimana Maria, ternyata setiddak pengetahuannya si Pitung Maria sudah di kunci di kamar bersama kedua adiknya.

Pitung : ”Mana Maria ?!?!?!”
Menir : ”Dia tidak ada disini.”

Karena tidak bertemu Maria dia langsung pulang bersamaa kedua temannya sekaligus untuk mengobati kedua temannya.

Lalu keesokan harinyaa karena Menjir kesal sudah kalah 2 kali terhadap Pitung ia mengadakan sayembara utnuk menangkap si Pitung dan membawanya terhadap Menir untuk di bunuh barang siapa yang bisa menangkap si Pitung akan mendapatkan hadiah yaang sangat berharga.

Dan ternyata salah satu temannya mendengar tentang sayembara itu dan ia tergiur dengan haddiah yang sangat berharga.

(Di kedai Emak)

Maman : Eh lo denger gak tentang Sayembara itu ?”
Dudung : “Sayembara apa memangnya ?”
Maman : “Sayuembaara utnuk menagkap si Pitung, bagaimana kalau kita jebak tuh si Pitung ??”
Dudung : “Ah gila lo ? Pitung itukan teman kita kenapaa tusuk dia dari belakang ??”
Maman : ”Ah lu emang gak bisa ddi ajak kompromi.”
Emak: ”Apa lu bilnag ??? Pitungkan udah baik sama kita semua masa mau di jebak ??? Teman apaan lo ???”
Maman : ”Alah, gak usah ikut campur ddeh lu !!! Jadi gimana lu mau gak sama gua ??”
Dudung : “Aah, gue gak akan tusuk temen dari belakang.”
Maman : “Ya sudahlah.”

Karena Dudung tidak mau ikut dengan Maman. Maman pun jalan sendiri ke rumah si Menir dan mengasi tahu kelemahan si Pitung.
Sedangkan emak yng mendengar percakapan mereka langsung memperingatkan kepada pitung yang sedang tidur.
Emak : Pitung bangun lo kudu ati-ati sama menir si dudung ada rencana mau ngejebak lu tuh demi hadiah”
Ike : ie bang abang kudu hati-hati ye ama die aye khawatir ama abang.
Pitung : Kagak mungkin maman kan sohib aye dari piyik mak, ke ( pitung menghiraukan peringatan emak dan ike dan kembali tidur}
Emak : Yey dasar di peringatin kge percaye semoga ini anak aye kagak kenape-kenape ya Allah ( sambil berdoa dan pergi dari kamr pitung bersama ike)
Ike :  amin ya mak ye ike takut

(Dirumah Menir)

Maman : ”Menir !!!!”

Menir mendengar teriakan itu berulang-ulang lalu dia menyuruh kedua centengntya untuk melihat siapa yang berteriak.

Menir : ”Heh para centeng lihat siapa orang yang adda di depan rumah itu !!”
Hamit : ”Siap Menir !”
Mamat : ”Ea... NGAPAIN lu di rumah Boss gua ??”
Maman : “Eh... jangan ngotot dulu dong.... bilangin tuh sama si Boss lu, gua tau di mana si Pitung sama kelemahannya.”

Lalu centengpun memanggil dan memberi tau informasi ini .

Hamit : “Menir, kata itu orang yang di luar dia tau dimana si Pitung sama apa kelemahannya si Pitung.”
Menir : “WHAT ??? Ayo keluar !!!”

Menirpun keluar dari rumah untuk bertemu dengan maman.

Menir : ”Heh, memangnya you orang tau kelemahan si Pitung ???”
Maman : ” Wets tar dulu dong bos haddiahnya dulu mana ??”
Menir : ”Yah okelah, centeng ambilkan haddiah itu untuknya.”
Mamat : ”Baik tuan !!!”

Centengpun mengambil hadiahnya dan memberinya kepadda si maman

Hamit : ”Ini hadiahnya.”
Menir : ”Ya sudah, Apa kelemahan si Pitung ?”
Maman : ”Oke, dia bisa mati jika dia ditembak dengan peluru emas.”
Menir : “Owh, Peluru EMAS ya ??? OK, baiklah akan ku coba saranmu ini.”

Lalu keesokan harinya Menir pun menyuruh centeng meangnkap si Pitung.

(rumah Pitung)

Menir : “Heh centeng, tangkaplah si Pitung dan bawahlah ke sebuah lapangan !!!”
mamat : “Siap tuan !!”

Lalu mereka menangkap si Pitung dan membawa ke sebuah lapangan.

Pitung : ”LEPASIN GUA !!! Ngapain lo pada bawa gua kesini ?” (Sambil bertanya-tanya dalam keadaan emosi)
hamitt : ”Tenang aja tung, bos gua pengen datang kesini.”

Lalu tak lama kemudian Menir bersama dengan Maria datan serta teman Maria dan juga Tp dengan Emaka dan Ike, mereka semua bertanya-tanya mengapa orang-orang disuruh ke lapangan kecuali si Menir.

Menir : ”Eh PITUNG, gara-gara you sudah bikin I marah, I akan BUNUH YOU dengan tangan I, MWAHAHAHA !!!”
Maria : ”No papih NO !!”( Sambil menangis dan memohon terhadap papihnya untuk tidak bunuh Pitung)
Pitung : ”Sudahlah Maria lu gak usah di situ !”

Maria pun di tarik oleh Dudung bersama lulu, dan juga bersama lala untuk tidak ada disitu.

lulu : ”Sudahlah sister, ayo ddengarkan Pitung, eh you tolong bantu i untuk menarik Maria” (Melihat terhaddap lala)
lala : ”HELP ME PLEASE, NOW !!!!!!!!!!!!”
Dudung : “Yah baik.”

Lalu Menir mulai mengokang pistolnya dan mengarahkan kepada Pitung.

Pitung : “Ayo tembak gue”

Lalu tembakan pertama pun Pitung bias menghindarinya.
Dan tembakan kedua pun dappat ddi tangkap di mulutnya.

Pitung : Lu gak tau apa ni jurus cicak nangkap mangsanya nih ???”
Menir : WHAT ???”

Menir pun kesal dan ia segera mengganti peluru pistolnya menjaddi peluru emas, dan dia mengokang lagi pistolnya dan mengarahkan kepada si Pitung sambil teriak.

Menir : ”MATILAH YOU PITUNG !!!!”
Maria : ”NOOOOOOO, PITUUUUUUUUUUUUUNG !!!!!”

Dan akhirnyaa peluru itu tepat terkena di dada si Pitung, lalu dia jatuh ke tanah, Maria pun lari menghampirinya, dan Pitung berbicara.

Pitung : ”Maria, ini kalungmu” (Sambil merasakan kesakitan yang amat sakit)

Sesaat Pitung sedang merasakan kesakitan dudung,pun sangat kesal dan dia langsung mengambil pistol yang ada di centeng 2 lalu dia langsung menembak ke arah Menir.

Dudung : ”MATILAH KAU MENIR !!!!!!!!!!!!”

Dan terkenalah peluru itu menancap ddi dada si Menir, dan akhirnya Pitung dan Menir tidak bisa di selamatkan lagi dan Maria tetap duduk ddi sebelah si Pitung yang sedang terbarin di lapangan, lalu lulu dan lala membawa Maria untuk pulang dan menenagkan diri.

lulu: ”Ayo la kita bantu sister.”
lala : “ Iya, ayo kita bawa ke rumah.”

Dan akhirnya berkat perjuangan Pitung mereka semua hidup dengan tentram dan tidak ada lagi perkelahian antara Belanda dan Batavia. Maria memutuskan untuk tinggal di Batavia sedangkan Lala dan Lulu kembali ke Belanda.

9 komentar:

  1. makasih ya ^_^
    izin copy , linknya juga hehehe

    BalasHapus
  2. pinjem naskahnya ya buat di pentasin, gpp kalo ada yg dirubah dikit yaak.. thanks a lot.

    BalasHapus
  3. ade , kk ijin nyontek ya..., Trimakasih banyak

    BalasHapus
  4. kakak cantik,... ijin copas ya... buat tugas b.indo ;)

    BalasHapus