Sabtu, 19 November 2011

Manusia dan Tanggung Jawab

Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna yang diciptakan oleh Tuhan, Manusia meiliki beberapa peran di dalam masyarakat, yaitu sebagai mahluk individu yang memiliki ego dan mementingkan diri sendiri,  serta manusia sebagai mahluk sosial dengan kata lain manusia pada dasarnya tidak akan pernah dapat hidup sendiri karena manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk menjalani dan mempertahankan hidupnya.
Selain sebagai mahluk sosial dan mahluk individu, manusia juga diciptakan oleh Tuhan secara kodrati memiliki hak sasi dan kewajiban. Hak merupkan sesuatu yang menjadi keharudan untuk dimiliki oleh manusia, sedsngkan kewajiban sesuatu yang harus dilakukan atau dilaksanakan oleh manusia, kewajiban bisa juga disebut sebagai tanggung jawab.
Tanggung jawab merupakan aktualisasi dan perwujudan dari sikap sadar seorang yang dikatakan manusia. Jika manusia melakukan suatu hal dengan resiko dan penyelesaian masalahnya dilakukan dalam keadaan tidak sadar, baik sakit atau pengaruh obat – obatan maka tidak dapat dikatakan sebagai  si tanggung jawab. Sadar memiliki pengertian tahu, pengertian dan ingat sehingga kesadaran dapat didefinisikan sebagai pengertian dan rasa ingin tahu manusia terhadap hal yang benar baik terhadap sikap dan perbuatannya. Dimana kesadaran manusia sangat berkaitan erat denga hati dan pikiran yang terbuka dan mau menerima sejumlah informasi dan ilmu pengetahuan serta hal – hal yang benar.
Tanggung jawab bisa dikelompokkan menjadi tiga antara lain :
1. Tanggung jawab individu terhadap dirinya pribadi.
Tanggung jawab manusia tersebut terhadap dirinya sendiri, akal pikiran, ilmu, raga, harta, wktu dan kehidupanny, bagaimana si manusia tersebut bertanggung jawab memanfaatkan apa yang dia miliki dan mempergunakannya sebaik mungkin, semakin banyak yang ia miliki mka smakin banyak yang harus ia pertanggung jawabkan..
2. Tanggung jawab manusia kepada orang lain dan lingkungan (sosial)
Kita ketahui bersama bahwa manusia adalah makhluk yang membutuhkan orang lain dalam hidupnya untuk pengembangan dirinya. Dengan kata lain, ia mempunyai kewajiban-kewajiban moral terhadap lingkungan sosialnya seperti tanggung jawab terhadap keluarga, pekerjaan dan teman-teman. Kewajiban sangat erat kaitannya dengan eksistensi seseorang sebagai bagian dari masyarakat. Kita sadar bahwa kalau kita tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap orang lain, tidak pantas bagi kita menuntut orang lain untuk bertanggung jawab pada kita. Kalau kita tidak berlaku adil pada orang lain, jangan harap orang lain akan berbuat adil pada kita.
3.Tanggung jawab manusia terhadap Tuhan dan agama
Manusia memiliki tanggubg jawab terhadap Tuhan dan agamnya, sesuai dengan ajaran agama, misalnya agama islam, manusia tersebut harus menjslankan solat lima waktu, sedangkan kristen harus ke gereja setiap hari minggu, semua itu merupakan sebuah tanggung jawab terhadap Tuhan masing-masing sesuai dengan ajaran agama, sebagai rasa terima kasih atas kehidupan yang ia miliki.

Tanggung jawab merupakan salah satu ciri dari manusia yang beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar